Kamis, 08 Februari 2018

7 INTEGRASI ISLAM DALAM KEPRAMUKAAN

Kali ini saya akan memberikan informasi tentang 7 integrasi Islam yang terdapat dalam kegiatan kepramukaan. Artikel dibawah saya dapatkan dari http://www.edu-ku.web.id/2017/08/7-Integrasi-islam-dalam-Kepramukaan.html Kalian bisa mengklik link tersebut untuk mengunjungi alamat website yang asli dari artikel dibawah. Selamat menggali wawasan.. Salam Pramuka!!

Pernahkah Anda mengikuti kegiatan pramuka , baik itu saat SD maupun saat SMA ? Pramuka merupakan Program wajib dilaksanakan di sekolah, maka dari itu semua siswa ikut dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. 
Sesuatu hal yang wajib dan melibatkan banyak orang, pasti mempunyai tujuan yang sangat penting untuk dilaksanakan. Namun, Melihat realitas sekarang bahwa sebagian besar siswa rendah minat-nya terhadap pramuka serta terkesan tidak ada manfaatnya. 
Pertama, kita harus ingat bahwa : 
“Setiap kegiatan pramuka yang dilaksanakan pasti ada manfaatnya”
Kedua, kita dapat memahami nilai nilai islam dan membangun keimanan melalui kegiatan pramuka, serta banyak sekali manfaat yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Berikut 7 cara membangun keimanan dan semangat dalam pramuka: 

1. Dasa Dharma Pramuka 
Apakah anda hafal 10 poin dasa darma? kalau belum hafal, segera hafalkan karena banyak sekali ajaran yang mengandung nilai islam didalamnya. Atas dasar itu, kita menyadari bahwa ternyata 1-10 point dasar darma berasal dari islam. Misalnya : Dasa darma yang pertama “Taqwa kepada tuhan yang maha Esa” . 
Dalam Q.S Al hasyr ayat 18, Allah Swt memerintahkan kepada orang orang yang beriman agar senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT dan Q.S Al ikhlas ayat 1 bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Esa ( tidak tuhan selain Allah Swt ). 

2. Kemah ( Mukhayyam ) 
Ketika kita membaca sejarah kaum muslimin pada masa Nabi dahulu, kita dapati bahwa kegiatan kemah ini sering dilakukan para sahabat ketika akan berperang maupun saat hijrah. 
Keterampilan dalam kemah harus dimiliki oleh seorang muslim sebagai bekal untuk mempersiapkan diri dalam berbagai situasi. Selain itu, kita juga akan mengingat tentang sejarah atau kisah para sahabat dalam memperjuangkan islam di bumi Allah . 

 3. Membuat yel yel 
Sadarkah anda bahwa setiap kali ada kepramukan identik dengan membuat yel yel. Apa sih pentingnya yel yel ? Marilah kita berpikir bahwa yel yel adalah suatu seni yang membuat suatu kelompok menjadi bersemangat. 
Para mujahid islam sering meneriakan takbir penuh semangat sehingga tak gentar oleh para musuh. Sekarang kita temui banyak sekali irama atau nyanyian yang membangkitkan kesadaran kaum muslimin.Misalnya : Nasyid akapela, musik pembebasan palestina. Kita mungkin pernah medenganr yel yel demo rakyat palestina semangat mereka begitu bergelora dalam memperjuangkan kemerdekaannya dari tangan para zionis. 

4. Permainan dalam pramuka 
Pernahkah anda beranggapan bahwa kepramukan hanya main main saja ? Harus sama sama kita pahami bahwa, permainan juga memiliki banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil. Diantaranya : menyegarkan kembali pikiran , menghilangkan kejenuhan, melatih berbagai keterampilan seseorang ( berpikir kritis, tanggap, peduli dll ). 
Banyak sekali permainan yang dilakukan saat menjalani kegiatan pramuka di sekolah. Kenapa sih harus ada permainan. Memang dunia ini tempat manusia bermain, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Q.S Al an’am ayat 32 . Namun kita harus sadar bahwa kesenangan duniawi itu hanya sebentar dan tidak kekal. Janganlah terpedaya dengan kesenangan-kesenangan dunia, serta lalai dari memperhatikan urusan akhirat. 

5. Api Unggun 
Api unggun merupakan bentuk kegiatan di alam terbuka khususnya pada malam hari. Api unggun dinyalakan dengan maksud untuk menjaga diri dari binatang buas, menghangatkan diri, isyarat keadaan bahaya, atau sebagai perapian untuk memasak makanan. Sewaktu berkemah, orang sering berkumpul di sekitar api unggun untuk menyanyi, menari, atau bermain kembang api. 
Sebagai seorang muslim kita harus menjaga dengan kokoh aqidah islamiyah, jangan sampai api tersebut menjadi hal yang disembah ( Na’udzubillah ). Kita harus tetap menyembah Allah SWT karena tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah SWT ( dalam Q.S Ar Ra’du ayat 36 ) 

6. Panggilan “kak” 
Ternyata mana panggilan tersebut dianggap sebagai metoda yang paling ampuh dalam menjaga hubungan antar sesama, penuh dengan pertalian, kerukunan dan persaudaraan. Tidak membedakan Harta, Strata maupun Kasta apalagi yang berbau Sara. Sistem panggilan Kakak- Adik ini telah diatur dengan Dasar : SK Kwarnas Nomor : 137 Tahun 1987 tentang Penyempurnaan PP Gudep Gerakan Pramuka. 
Dalam Q.S Al Hujurat ayat 10 menerangkan Bahwa setiap muslim itu bersaudara. Maka islam terlebih dahulu telah mengajarkan tentang konsep persaudaraan yang berasas pada tauhid yang sama dan mengabaikan perbedaan ras, kelompok dll. 


7. Lambang Gerakan pramuka adalah tunas kelapa 
Secara ringkas makna dari lambang gerakan pramuka ialah sebagai dari berbagai sisi memiliki banyak manfaat , pribadi yang kuat, memiliki cita cita yang tinggi dll. Setiap bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan dari akarnya sampai ke buahnya. 
Dari sini kita bisa belajar bahwa sebaik baik orang adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain Sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ 
“Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”

Terimakasih telah membaca artikel yang berjudul " 7 Integrasi islam dalam Kepramukaan " semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar